Pengen Langsing Dengan Mengurangi Karbohidrat ?

pengen-langsing Pengen Langsing Dengan Mengurangi Karbohidrat ?

Pengen Langsing Dengan Mengurangi Karbohidrat ?

cara-langsing-sehat-tanpa-susah-payah Pengen Langsing Dengan Mengurangi Karbohidrat ?

Pengen langsing menjadi kalimat yang paling sering diutarakan para wanita, walaupun idealnya kalimat ini diucapkan oleh mereka yang memiliki berat bedan berlebih. Masalahnya siapa pun yang ingin langsing akan memilih untuk mengilangkan asupan karbohidratnya. Namun, menghilangan karbohidrat bukan jalan keluar untuk mendapatkan berat badan ideal.

Bahkan menurut Tufts-New England Medical Center bahwa 21% orang yang melakukan diet rendah karbohidrat cenderung gagal dan berhenti melakukannya pada dua bulan pertama. Tidah hanya itu mayoritas responden yang pengen langsing juga mengalami penurunan berat badan tapi tidak lama setelahnya akan mengalami kenaikan berat badan dengan sangat cepat.

166422802 Pengen Langsing Dengan Mengurangi Karbohidrat ?

Diet rendah karbohidrat

Berikut ini dua penyebab diet rendah karbohidrat tidak berhasil menurunkan berat badan dalam kurun waktu yang lama.

  1. Metabolisme melambat

Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh, sehingga jika tubuh kekurangan karbohidrat maka metabolisme juga akan melambat. Sementara agar  pembakaran lemak di dalam tubuh maksimal, diperlukan karbohidarat agar metabolisme tubuh dapat  ditingkatkan. Melambatnya metabolisme tubuh justru membuat penyimpanan lemak jadi bertambah.

  1. Lapar berkepanjangan

Diet rendah karbohidrat juga memicu lapar berkepanjangan. Rasa lapar yang tidak tertahankan membuat  orang yang pengen langsing justru menyantap porsi makan yang lebih besar sehingga berat badan cenderung cepat naik. Tidak hanya jika tubuh kehabisan sumber energi  dari karbohidrat maka tubuh akan mengambil energi  dari otot dan memicu terjadi penyusutan otot atau proses katabolisme otot.

Diet yang benar

Berat badan bisa naik dan turun dengan cepat memang bisa disebabakan banyak faktor seperti faktor hormon, ketidakseimbangan neurotransmiter di otak, protein dalam tubuh hingga kesalahan dalam diet. Diet rendah karbohidrat adalah salah satu bentuk kesalahan dalam diet.  Jadi meski pengen langsing dengan membuat keseimbangan antara kalori yang masuk dan keluar bukan berarti Anda tidak membutuhkan sama sekali kalori sama sekali.

  1. Karbohidrat

Anda tetap harus mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang mencukupi. Namun, sebaiknya konsumsi karbohidart kompleks dibandingkan karbohidarat sederhana. Sebab karbohidart kompleks lebih kaya serat, vitamin, dan mineral. Kemudian karbohidrat jenis ini juga tidak cepat meningkatkan  kadar gula darah bahkan bisa mengenyangkan perut.

  1. Lemak

Selain menghindari karbohidrat, pelaku diet juga sering kali menghindari lemak. Sebab lemak menghasilkan lebih banyak kalori dibanding karbohidrat. Meski begitu bukan berarti Anda tidak mengonsumsinya sama sekali, terutama lemak baik. Lemak baik dapat memicu produksi senyawa oleoylethanolamide di usus kecil yang berguna mengirim sinyal kenyang ke otak agar porsi makan tetap terjaga. Jadi yang perlu dilakukan adalah membatasi asupan lemak baik sekitar kira-kira 2-3 sendok makan atau 30-45 ml/hari.

  1. Protein

Lengkapi menu makan harian Anda dengan protein. Protein penting untuk membentuk dan menjaga massa otot serta membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Sebaiknya konsumsi protein nabati lebih banyak dibandingkan protein hewani. Sebab protein nabati bisa membuat Anda merasa lebih puas dan kenyang setelah makan.  Kemudian buat menu makan pagi yang lebih tinggi protein dibandingkan menu makan malam. Sebab efek dari mengosumsi sarapan yang tinggi protein di pagi hari bisa bertahan hingga malam hari.

  1. Serat

Pola makan tinggi serat juga meningkatkan kemampuan tubuh untuk metabolisme glukosa. Sebab  serat memperlambat perjalanan makanan ke saluran pencernaan, sehingga penyerapan nutrisi  lebih lambat. Hal inilah yang membuat  perut lebih puas dan kenyang setelah makan, sehingga tidak mengherankan jika kebiasaan mengonsumsi makanan tinggi serat akan membuat lebih mudah menjaga berat badan.

  1. Vitamin dan mineral

Jangan lupakan juga mikronutrien yang terdiri dari vitamin dan mineral. Mikronutrien tidak dapat diproduksi oleh tubuh sehingga sangat diperlukan tubuh walaupun dalam jumlah sedikit. Kekurangan vitamin dan mineral selain bisa menjadi ancaman serius bagi tubuh ternyata juga bisa membuat nafsu makan jadi meningkat.

Vitamin-Diet Pengen Langsing Dengan Mengurangi Karbohidrat ?

Intinya untuk menurunkan berat badan, Anda harus menuhi kebutuhan gizi secara seimbang dengan porsi yang tepat.  Selain itu, lakukan latihan beban dan kardio untuk memaksimalkan pembakaran lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh. Semoga informasi di atas membantu Anda mewujudkan keinginan pengen langsing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *